25 January 2012

Kota yang Selalu Memanggil Untuk Kembali

Semua bermula dari hidup nomaden gara-gara Bapak hobi dipindah tempat dinas. Lahir di Bandung, TK di Jayapura, SD di Jayapura, Timika, Semarang, Mataram, SMP di Mataram, Pekalongan, SMA di Pekalongan dan kuliah di Solo. Dari sekian banyak kota yg sudah kusapa dan kusambangi, ada satu kota yang selalu memanggilku untuk kembali, itu kamu, Mataram :)

Ngga lama banget hidup dalam balutanmu, sekitar 3,5 tahun. Tapi, membekas sekali dihati. Lwtakmu yg ada di Pulau Lombok, menyuguhkan banyak hal baru, yg belum pernah kulihat sebelumnya. Kulinernya seperti plecing kangkung, sate bulayak, ayam taliwang dan favorit, telur bunting! Ngga bunting sih telurnya, cuma telur gulungnya tu gendut di tengah, kaya bunting gitu. Lucu pokoknya. Terus alamnya, walaupun ngga di kota Mataramnya, tapi kan deket Mataram, domisili juga di Mataram. Bisa lah ya? Pantainya tu loh, Senggigi, Malimbu, Kuta (Mandalika Resort sekarang), Pusuk, Gili-gili yang ada, Rinjani, dll. Keren lah pokoknya waktu hidup di Mataram. Dulu, hampir tiap weekend kerjaannya ke pantai. Nginep di hotel yang ada di tepi pantai. Hampir tiap weekend, jadi berasa tajir banget waktu itu.

Kamu ngga cuma tentang kuliner sama pariwisata aja yang membekas. Yap, temen pasti sangat membekas dihati. Dulu SD tempat saya sekolah namanya SDN 08 Pagutan, diganti jadi SDN 44 Ampenan. Disini, saya mengenal Wulan, Ristha, Jaka, Chicha, Mira, semuanya deh. Pegel kalo diketik one by one. Pertama sampe di Mataram, biasalah ada culture shock. Tapi namanya anak-anak, cepet lah ngatasinnya. Langsung berbaur. Yang bikin lumayan bingung tu, di Mataram kebanyakan pake 'saya', padahal saya kan kalo ngomong sehari-hari pake 'aku'.

Beranjak SMP, kamu menyuguhkan dunia yang lebih luas buat saya. Kamu menghadirkan teman-teman baru. Winda, Dodi, Raqib, dan sebangsanya. Ohiya, Rangga juga. Thanks loh buat Rangganya. Berhubung sekolahan jauh dari rumah, kamu menyediakan kendaraan khas yang mengantarkan saya kembali ke rumah, cidomo. Seru banget naik cidomo. Sport jantung!

Ninggalin kamu itu beraaaaaaattt banget rasanya. Ngga tau kenapa. Kamu terlalu indah buat ditinggalkan, Mataram. Makasih ya buat pengalaman 3,5 tahunnya. Ngga bakal dilupain kok. Kamu itu ngangenin. Untung kemarin masih bisa balik lagi ya kekamu. Setelah tujuh tahun, banyak yang berubah. Untung penghunimu, temen-temenku, masih ramah-ramah, seramah kamu. Karena kamu, saya rela kembali menempuh perjalanan jauh dan kocek yang dalam. Makasih buat semuanya. Makasih. See you soon :)

Mereka yang berbaik hati menyambut saya:

Sincerely,
yang-selalu-merindukanmu

Oleh:

No comments:

Post a Comment