04 February 2012

Surat Kaleng untuk @Rahardhika

Untuk @Rahardhika

"Untuk si Manusia"

Halo dika!

Gue itu salah satu dari sekian banyak temen lo. Karena satu dan lain hal, gue orangnya gengsian buat muji-muji temen sendiri, jadi ada baiknya lo gatau siapa gue. But if you know me enough, you will know me from my writing style ;)

Yap, surat ini emang ditujukan buat memuji-muji elo. Pujian yang sebenernya pengen gw tulis di binder lo di bagian "dika itu anaknya..." Seandainya kita satu SMA. Ahahaa.. Hal yang pertama yang pengen gw puji adalah elo itu anaknya PAS. Rajinnya pas, malesnya pas, nerdnya pas, asiknya pas, aktifnya pas, pasifnya pas. Semua serba pas. Lo ga bikin orang-orang eneg karena terlalu rajin atau terlalu cuek. Gue rasa itu yang bikin orang-orang seneng main sama lo, aura lo pas. Ngga bikin eneg.

Tapi ada sih dua hal yang berlebihan dari lo, yaitu otak dan hati lo. Gue ga tau gimana caranya lo dapet semua logika-logika sosiologi yang bisa bikin anak-anak normal ngigo ato kesurupan setan kalem. Yang jelas, lo otaknya kepake banget dan lo ga sekedar pake itu buat nerima ilmu aja, tapi juga buat menyuarakan pemikiran-pemikiran lo yang kritis. Orang-orang mungkin bakal mikir lo super agresif kalo aja lo ga ngimbangin kepinteran lo dengan hati lo. Sayangnya kebaikan lo juga lebay banget. Tiap mau uas lo jd tempat "les 5 menit" anak-anak. Share pengetahuan buat lo itu kayaknya harus banget, dan cara lo sharing bener-bener rendah hati. Ga sok, ga tengil, bahkan ga sok berusaha untuk ga sok dan tengil karena lo emang pure ga sok dan ga tengil (ga bingung kan? :D)

Gue selalu takjub sama orang yang pinter tapi rendah hati. Lo tau? Kebanyakan orang pinter itu hatinya ngga rendah-rendah amat.. Kalo ga sombong pasti cuek. Bahkan yang ngga pinter-pinter amat hatinya bisa tinggiiiii banget. Ga cuma itu. Ketertarikan lo sama banyak hal juga ngebuat lo jadi orang yang ngga kaku maupun terlalu lembek. Biasanya orang pinter itu kalo bukan fokus ke satu bidang yang dia minatin banget, pasti ngga punya minat sama banyak hal (dimana tipe kedua membuat gue ngerasa Tuhan itu adil). Eh, Tau-tau lo ada dan ngerubah konsepsi gue tentang orang pinter. harus tanggung jawab kalo nantinya gue ga bisa jawab pas anak gue nanya "pinter tuh apa sih?" (Loh?) :p

Lo itu satu-satunya orang yang bisa bikin gue mikir "nanya ke dia aja ah, dia pasti tau" tanpa bikin gue lanjut mikir "ah, tapi ntar gue keliatan bego banget ga sih di depan dia?" Atau "ah, males ah. Ntar gue gangguin dia lagi"

Sebenernya gue ga terlalu suka muji-muji orang. Soalnya pujian itu menurut gue bikin canggung sih. Tapi gue rasa lo adalah orang yang layak, yang sekali lagi bisa bikin gue mikir "ga bakalan deh dia tengil gara-gara dipujiin ginih.." Dengan yakin.

Terakhir, gue cuma mau bilang: lo adalah standar manusia menurut gue. Entah berlebihan apa ngga, tapi gue pikir manusia itu harusnya kayak elo. Gue juga berharap semua manusia bisa kayak lo. So, semangat "human" dika!!

No comments:

Post a Comment