16 January 2012

#2 Untuk Si Hitam Manis

Hai Hitam Manis,

pertama liat kamu aku ngga gitu suka kamu. kamu hitam, dekil, sembarangan. kamu pasti jarang jilat bulu kamu... aku ngga suka sama yang ngga suka jilat bulu. aku aja biarpun males jilat bulu, tapi sehari pasti aku jilat-jilat walaupun cuma sebentar.

kamu datang ke ruang pertemuan kucing untuk proyek penelitian "Perkembangan Kucing Jalanan di Kompleks Garden A dan Hal-hal yang Mempengaruhinya" sebagai ketuanya. teman-teman yang lain yang memilih kamu. aku ngga ngerti kenapa temen-temen milih kamu, karena aku ngga kenal kamu. tapi dari yang aku liat kayaknya kamu dipilih jadi ketua biar kamu ada kerjanya, soalnya kamu keliatan males dan santai banget. 

maafin pikiran bodoh aku ya.. emang susah buat aku untuk ngga mikir jelek buat mereka yang baru aku temuin.

tapi itu semua salah kamu.. salah kesantaian kamu pas dikasih pembagian tugasnya, salah kecuekan kamu pas disuruh bikin kerangka penelitiannya, pokoknya salah kamu yang aneh.

sampe akhirnya kita lakuin penelitian dan aku jadi ngerti. ngertiiiii banget kenapa temen-temen pilih kamu supaya jadi ketua. 

mungkin kamu ga nyadar tem, tapi aku tau semua temen-temen merhatiin kamu pas kamu keliatan cuek gara-gara ada panitia penelitian cewe yang lagi nyasar pas malem-malem. semua anak bingung gimana biar si cewe ini ketemu, kamu diem aja. tapi diem-diem kamu ngehubungin kucing mangkal yang udah deket sama kamu buat bantu cariin si temen cewe ini dan minta tolong si kucing mangkal buat sekalian anterin pulang si temen cewe kita ini. dari situ aku tau kamu ga secuek yang aku kira.

terus pas laporan penelitian hari satu, kamu juga dibilangin ga kerja sama satu temen seperjalanan kamu. tapi kamu senyum-senyum aja. padahal temen seperjalanan aku tau, kamu yang sibuk cari-cari rumah sama pak kepala komplek, sementara temen kamu cuma liat-liatin daftar kucing yang tinggal di komplek. sampe akhirnya si temen perjalanan kamu itu bingung pas ditanya satu hal, dan kamu bantu, trus kamu bilang "ga kerja aja saya tau banyak, kan?". aku suka cara kamu yang santai waktu orang lain ngerugiin kamu.

sekarang laporan penelitian kita udah harus dipresentasiin di depan DKK (Dewan Kucing Kepala - red). kamu yang dulu serba santai sekarang jadi orang yang paling sering ngingetin tugas masing-masing anak. kamu sendiri ga pernah ngelalain tugas kamu. tapi kamu selalu bilang "tugas gue seiprit doang sih..." padahal tugas kamu sama aja porsinya sama yang lain. lebih mudah, tapi ngga lebih sederhana. hebat deh kamu dalam ngebuat anak-anak kamu ngerasa udah bekerja keras.

aku pernah denger cerita tentang kamu, tentang ayah majikan kamu yang udah meninggal. katanya kamu sedih selama seminggu, tapi abis itu kamu udah ga sedih lagi. kata kamu "gue sih mikirnya kita itu di dunia buat menderita. jadi satu-satunya cara biar ga menderita ya ninggalin dunia. jadi ayah majikan gue sekarang ngga menderita". kamu suka pemandangan-pemandangan yang bagus, makanya temen yang nanya kamu itu pun coba tanya tentang "gimana sama pemandangan-pemandangan bagus? hal-hal yang lo suka di dunia? lo rela ninggalin itu semua?". jawaban kamu cuma "gue yakin aja di sana ada pemandangan yang lebih bagus".

aku ga ngerti di sana itu dimana, tapi aku ngerti penyebab utama kesantaian kamu. ga ada hal yang kamu suka banget di dunia, hal yang sampe-sampe bikin kamu ga rela ninggalin dunia.

kalo aku, gabisa ketemu majikan aku, gabisa main sama temen-temen aku, gabisa makan makanan yang aku suka, aku takut gabisa itu semua. aku takut mati. liat kamu dan pikiran kamu itu, aku gatau aku tuh lagi kagum atau takjub sama kamu. mungkin kagum ya... karena aku juga mau kayak gitu, aku mau ga takut ninggalin dunia. soalnya kita pasti ninggalin dunia toh?
tapi aku yakin aku juga takjub. takjub sama keberanian kamu ngomong gitu. ga gampang kan ngomongin sesuatu yang kita yakinin, apalagi yang beda sama orang kebanyakan...

asal kamu tau, banyak banget cerita tentang kamu yang bikin anak-anak kagum sama kamu. aku pastinya bukan satu-satunya cewe yang penasaran sama kamu, yang pengen deket sama kamu, yang pengen ketularan santai - tapi - rasionalnya otak kamu. bahkan aku denger si cewe siam sebelah katanya pengen dikawinin sama kamu. kamu tau ngga? ah, pasti kamu tau, cuma kamunya sok santai aja. aku ga bisa bener-bener tau, karena kamu ngga ngeliat "disukain cewe-cewe" sebagai hal yang dibanggain sih. kamu ngga salting atau ke-geer-an pas digodain sama cewe, tapi gentleman banget sama cewe.

pokoknya aku salah satu cewe yang kagum sama kamu, dan di detik-detik terakhir kepanitiaan penelitian kita, aku cuma mau bilang kalo aku bangga banget punya kamu sebagai ketua aku.

salam, 
meong

oleh: @si_meong_oren
diambil dari: http://meong-kucingoranye.blogspot.com

No comments:

Post a Comment