21 January 2012

Surat Kaleng untuk @agaverus

Winnie the Pooh Pernah Bilang Begini:

If ever there is tomorrow when we’re not together, there is something you must always remember. You are braver than you believe, stronger than you seem, and smarter than you think, but the most important thing is, even if we’re apart, I’ll always be with you.
- Winnie the Pooh
Kepada @agaverus yang Ibundanya berpulang pada hari Kamis tanggal 19 Januari 2012 pukul 06:30 WIB.

Dear Aga,

Itu quote-nya Winnie the Pooh yang gue rasa almarhumah nyokap lo pasti setuju, dan kalo bisa mungkin beliau juga sekarang akan ngomong gitu sama lo.

Sekali lagi gue mau ngucapin turut berduka atas kepulangan nyokap lo, seperti yang kemarin gue bilang di BBM dan di Twitter. Tapi sebenarnya gue nggak boleh bilang begitu, seharusnya kemarin itu adalah hari yang harus dirayakan karena sekarang nyokap lo sudah berada di pangkuanNya. Tuhan Yesus yang Maha Baik itu udah ngebebasin nyokap lo dari rasa sakit.

Memang sih Ga, nggak gampang ngomong gini sama orang yang lagi ngalamin. Gue juga udah nggak punya nyokap, dan waktu nyokap pergi ke Rumah Bapa gue sebagai manusia juga sedih sih. Gue juga nangis. Sekarang pun masih sering kangen nyokap, tapi sebenarnya setiap kematian itu datang dan kita nangis, yang kita tangisi itu diri kita sendiri - bukan orang yang meninggalkan kita. Gue baru sadar ini beberapa bulan kemudian. Iya, memang gue rada telmi sih.

Ga,

Lo percaya istilah “empat puluh harian” nggak? Itu bener banget lho, Ga. Gue dulu antara percaya dan nggak. Jadi tuh selama empat puluh hari setelah almarhumah nyokap pergi, rumah kadang suka tetiba wangi bunga. Katanya sih kalo wangi itu bagus, artinya mereka baik-baik aja. Tiap ada bau kembang, gue malah ngajak nyokap ngobrol gitu, karena gue mikirnya dia lagi di situ. Kangen sih…

Terus pas di akhir empat puluh hari itu, gue baru didatangi nyokap lewat mimpi. Gue sadar di mimpi itu dia udah meninggal. Gue dibawa nyokap ke tempat dia tinggal sekarang. Keren banget, Ga. Sumpah. Gue sih belum pernah ke Al Burj di Dubai ya, tapi gue yakin tempat tinggal nyokap gue jauh lebih bagus dari itu.

Di akhir mimpi, gue bilang sama nyokap gue nggak mau pulang, tapi dia maksa gue pulang karena bokap nggak ada yang ngurus. Dia tapi janji sih, nanti suatu hari dia sendiri yang bakal dateng untuk jemput gue. Sejak gue mimpi itu gue jadi lebih tenang. Iya sih itu cuma mimpi, tapi gue percaya itu mimpi dari Tuhan. Karena sebelumnya gue kerjaannya tiap hari nangis. Maklumlah, gue anak perempuan, tunggal pula. Sahabat gue di rumah ya cuma nyokap kan, jadi kita memang deket banget.

 
I remember my mother’s prayers and they have always followed me. They have clung to me all my life.
— Abraham Lincoln


Maaf ya Ga, ini surat gue panjang banget. Jadi gue udahin aja deh. Kapan-kapan gue ke tempat kerja lo lagi deh sama Lian. Udah kangen salad-nya Kem Chicks, tapi belum kesampean lagi. Kalo gue ke sana, gue pasti mampir ke tempat lo. Nanti kita cerita-cerita lagi ya. Nggak usah cerita tentang nyokap lo sih, kalo lo masih sedih.

Oh, satu lagi. Lo inget nggak waktu nyokap lo masih sakit gue bilang sama lo untuk nggak nangis depan almarhumah? Gue nggak tau keadaan bokap lo. Seandainya bokap lo masih sehat, usahakan jangan nangis di depan dia sekarang. Kesian. Lo merasa kehilangan nyokap, tapi bokap lo pasti lebih kehilangan lagi. Berusaha ceria ya, Ga. Toh seperti yang gue bilang di BBM kemarin pagi, suatu hari kita akan ketemu lagi sama orang-orang yang udah party duluan sama Tuhan. Masalah waktu aja sih.

Stay strong, Aga! And rest in peace, Tante. Send my love to my mother up there :)

P.S. Ini sebenernya bukan surat kaleng kali ya, secara lo tau siapa yang ngirim. Hehe. Benernya gue nggak niat ngalengin surat ini, tapi dipaksa sama @PosCinta :) Semoga nggak mengurangi nilai ketulusan gue dalam mengucapkan bela sungkawa ya, Ga. Maafkan kalo ada kata-kata gue yang salah.

No comments:

Post a Comment